4/23/2010

Cara Membangun Bisnis Internet Marketing

Bagaimana pola pikir kita saat mulai membangun bisnis internet...? apakah ingin kaya mendadak...? semudah kita membalikkan telapak tangan. Atau ingin punya uang milyaran rupiah di berbagai rekening? Waaahhhh.... apa bisa kita dengan cepat mendapatkan yang seperti itu dengan mudah. Tentu tidak la ya...!! sebelum semua itu tercapai, tanyakan dulu pada diri kita masing-masing. Apa kita sudah mengubah pola pikir (mindset) kita...? Simplenya begini, apa kita sudah benar-benar memandang diri kita ini sebagai pebisnis...? Kalau menurut saya, seorang pebisnis (apapun) memiliki ciri tertentu. Pertama, dia akan merinci setiap detil yang di lakukan demi mendapat keuntungan. Kedua, selalu berupaya mengubah konsep dan ide-ide menjadi pundi-pundi uang. Dan ketiga, selalu haus akan kesuksesan dan berjiwa inovatif.
Pebisnis internet juga demikian. Kita harus belajar dan terus belajar dari pebisnis internet yang sudah ada. contohnya, saya belajar dari salah satu pebisnis terkemuka saat sekarang. bisa anda klik disini. dan juga, saya mengambil beberapa referensi-referensi lainnya. Sambil terus bertanya kenapa suatu situs web bisa terus bertahan dan kenapa yang lain bisa gagal? Ingat! Keberhasilan blog atau situs web tidak hanya terletak pada bagus isi materinya saja.

Karena itu, kita harus terus belajar bagaimana situs-situs web laris bisa berkembang. Bagi pebisnis internet, situs orang lain adalah gudang ilmu sekaligus sumber penghasilan. Jadi,  pada saat kita  mampir atau mengunjungi sebuah situs web, posisikan diri kita itu sebagai pengunjung. Setelah itu, berpikirlah layaknya sebagai pengusaha. Langkah ini penting untuk memberikan kita banyak inspirasi. Tapi…!! bagaimana caranya berpikir yang seperti itu...?

Ok..! sebetulnya Ini tidak sulit, coba anda lakukan triks dan tips di bawah ini:

  • Mengumpulkan ide dari berbagai materi yang berbeda. Saat mengunjungi satu situs web, anda boleh mengambil ide atau konsep dari situs web itu. Ini bukan plagiat, melainkan anda belajar dari situs web orang lain. Lihat apa saja yang membuat situs web itu berbeda. Lalu, anda terapkan pada situs web anda sendiri. Cara ini manjur untuk membuat situs web anda lebih hidup. 
  • Pelajari membuat situs web yang lain. ada berbagai macam rancangan design Situs web lain. Itu bisa dijadikan sebagai bahan referensi. Jadi, anda tahu bagaimana mereka merancang presell pages untuk penjualan dan signup-nya. Jangan curi desainnya, tapi serap prinsip-prinsip pembuatannya. Selanjutnya, silakan mendesain situs anda sendiri. 
  • Ingin model bisnis yang seperti apa. Coba tanyakan dulu ke diri anda. Jika anda ingin membuat situs web, “Apa situs web ini menghasilkan....?” itu yang biasa saya tanya saat mengunjungi sebuah situs web yang lain. Anda bisa mendapat jawaban pertanyaan ini dengan mencari tahu sumber-sumber pendapatan dari situs web tersebut. Anda bisa mengira apa saja yang membuat situs web itu bertahan dan menguntungkan. Nah, setelah anda tahu jawabannya, terapkan pada situs web anda. 
  • Cari sumber popularitas. Jika website yang anda baca itu terkenal, pahami apa yang membuatnya terkenal? Temukan sumber-sumber traffic-nya. Cari tahu apa yang banyak disukai pengunjung dari situs itu. Apa sih rahasianya kok banyak yang suka? Selanjutnya, anda bisa terapkan untuk memajukan situs anda.
  • Mencoba untuk bekerja sama. Setiap anda mengunjungi di salah satu situs web, fokuskan perhatian anda pada dua hal. Pertama, cari kemungkinan melakukan hal yang sama-sama menguntungkan. Misal, buat strategi melakukan proyek kerjasama. Kedua, tanyakan pada diri anda, “manfaat apa yang bisa saya ambil dari sini?” Dan jangan lupa temukan kekurangan situs tersebut lalu camkan baik-baik jangan sampai kekurangan itu juga terjadi di situs anda. 
  • Buat tempat iklan. Setiap situs web yang anda kunjungi bisa jadi lahan beriklan. Tulis detil-detil iklan di situs tersebut. Siapa tahu anda bisa pasang iklan di sana. Atau, siapa tahu mereka yang justru pasang iklan di situs web anda. 
Nah tunggu apa lagi...!! Praktekkan sekarang juga dan anda akan segera menikmati hasilnya.
Selamat mencoba! 
Baca Selengkapnya.....

2 komentar:

  1. Tips yang bermanfaat mas. tetap semangat dan mari terus ACTION!

    BalasHapus
  2. sebetulnya tips ini dari pak joko...
    trima kasih sebelumnya ya pak....

    salam action...

    BalasHapus