4/14/2010

Apakah anda juga merasa perfeksionisme...!!

Perfeksionis
Saya yakin, pasti semua orang ingin menjadi perfeksionis. Tapi apakah kita tau apa itu perfeksionis..?! Perfeksionisme adalah keyakinan bahwa seseorang harus menjadi sempurna, mencapai kondisi yang terbaik pada aspek fisik ataupun non-materi. Perfeksionis adalah orang yang memiliki pandangan perfeksionisme.

Pada bentuknya sebagai penyakit, perfeksionisme dapat menyebabkan seseorang memiliki perhatian berlebih terhadap detil suatu hal dan bersifat obsesif-kompulsif  sensitif terhadap kritik, cemas berkepanjangan, keras kepala, berpikir sempit dan suka menunda. Hal-hal yang dapat menghambat keberhasilan dalam hal apapun. Orang yang potensial namun perfeksionis akan terhambat kemampuannya.

Hasrat menciptakan produk, website atau konten terbaik adalah hal yang perlu, namun seorang perfeksionis akan menemukan banyak rintangan yang sama sekali tidak perlu. Masalah perfeksionis adalah tindakannya yang cenderung suka menunda-nunda dan akhirnya capek sendiri. Obsesinya akan kesempurnaan menjadi beban pikiran dan meletihkan perasaannya. Orang perfeksionis akan cepat kehabisan energi karena terus cemas tentang bagaimana menyempurnakan website-nya atau berpikir seandainya dulu saya begini atau begitu.

Perfeksionisme
Kadang sikap perfeksionis itu diperlukan agar pekerjaan berjalan baik dan sesuai targetnya. Akan tetapi, jika berlebihan malah membawa keadaan yang kurang sedap bagi orang di sekitarnya. Jadi kalau kita memaksakan kehendak sendiri, dan orang sekitarnya tidak mau mengikuti. Diri kita sendiri yang stres jadinya. Kita tidak bisa memaksa orang lain harus seperti kita atau mau mengerti apa yang kita mau.

Jangan lupa...! bahwa kita adalah manusia yang diciptakan dengan keterbatasan. oleh sang pencipta (Allah SWT). Setiap orang punya karakter masing-masing. Saya pernah baca artikel yang isinya tentang perfeksionis dan hubungannya dengan kepribadian. Justru orang yang terlalu perfeksionis itu malah sesungguhnya orang yang punya perasaan was-was. Dia tahu bahwa dirinya banyak kekurangan, tapi dia abaikan itu semua. Dan itulah mengapa mereka menutup-nutupinya dengan erat-erat dan mencoba melakukan semua hal yang sempurna.

Namun, belum tentu pula mereka menyadari bahwa mereka sebenarnya penuh rasa hati yang bimbang. Bahwa sesungguhnya itu semua bukanlah pekerjaan yang mudah soal mengoreksi diri sendiri. seharusnya diri kita sendiri yang dapat bertoleransi dan mengerti dengan kekurangan orang lain, Jika  anda punya rasa percaya diri yang besar. Anda juga punya kecerdasan emosional, karena anda menyadari bahwa dalam kehidupan bersosialisasi, kitalah yang perlu menyesuaikan diri dan belajar mengerti, bukan orang lain yang selalu harus mengerti keadaan kita.

Jika anda ingin punya hasrat menghasilkan situs yang paling OKE sedunia itu bagus. Keinginan seperti itu memang harus ditanamkan. Hanya saja, hasrat jadi sempurna itu punya efek samping. Dan, efek samping itu yang merugikan. Keinginan itu bisa melumpuhkan kemampuan anda yang sebenarnya. Hasilnya, tujuan-tujuan anda tidak akan tercapai. Akibat lainnya, kita jadi keras kepala. Kalau tidak sempurna, tidak akan terpakai. Pikiran jadi berat, jiwa juga lelah. Selanjutnya, apa yang harus kita lakukan? Kalau dipikir-pikir, memuaskan semua orang itu kan tidak mungkin. Dan, kita memang tidak bisa memuaskan mereka dengan sekejap.  Ibarat kata, semudah membalikkan telapak tangan.

Contohnya dalam menjalankan bisnis di Internet. Setiap pengunjung yang datang ke situs kita, hanya akan mencari hal yang mereka butuhkan. Kemudian kalau mereka menemukan kekurangan, mereka akan memberi respon. Apa saja yang kurang dari produk kita? Nah...!? jadikan saran mereka sebagai umpan perbaikan. situs anda. Prinsipnya sederhana: Jadikan kesempurnaan itu sebagai motivasi. Tapi jangan sampai melewati batas waktu.

Maka, setiap kali anda punya ide cemerlang, segera susun rencana dan wujudkan! Banyak yang bilang sukses berbisnis internet itu tidak perlu ide yang unik dan desain situs yang sempurna. Situs dengan kualitas rata-rata pun bisa menghasilkan uang yang anda inginkan.

Jadi.....?! bagaimana langkah anda selanjutnya.....!
Selamat mencoba!
Baca Selengkapnya.....

3 komentar:

  1. Betul mas, tidak perlu menunggu sempurna untuk bertindak. Kalau kawatir ban pecah di tengah jalan, ya kita tak berani jalankan motor agar sampai ke tujuan. Mas saya pengin pasang banner di blog ini, gratis ya...

    BalasHapus
  2. yaa...!? bagaimana dengan sobat kita yang lain...!
    kalau ingin bertindak, cepat lakukan action..!jangan tunggu lama-lama. ntar keburu di sambet burung..!!
    klo mas mo pasang banner...boleh laa...!? kan disana bilangnya gratis. tapi hanya 1 bulan, 1banner, dan 1 user. habis tu...baru bayar....
    klo 1 user untuk semua banner..! ntar sobat kita yang laen mo pasang banner di sini gimana dong..!
    pokoknya kita disini saling berbagi aja satu sama yang laen yaa...!!

    BalasHapus