4/06/2010

Langkah Awal Membuat Blog

Setelah kita mengenal apa yang di maksud dengan blog (postingan saya kemarin), setidaknya kalau ada sebagian temen kita yang bertanya, kita dapat menjawabnya dengan versi kita masing2. Jika temen-temen belum membaca postingan saya yang kemaren, coba klik di sini. OK...!! terlalu banyak muluk2 nih.. mulai aja yah.... Seperti halnya pembuatan pada e-mail, untuk membuat blog pun kita harus mempunyai sebuah account terlebih dahulu, oleh karena itu silahkan daftarkan diri temen2 terlebih dahulu di free blog provider (penyedia hosting/domain blog gratis). Free blog provider sangatlah banyak terdapat di internet dan beberapa yang populer saat ini adalah http://www.blogger.com, http://www.wordpress.com serta http://blogsome.com. Sebetulnya masih banyak lagi... contohnya pada alamat http://www.amazon.com. Udah ahh... kebanyakan ngeless..  


I.  DAFTAR di BLOG

Dalam kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang cara pembuatan blog di http://www.blogger.com, Silahkan temen2 klik gambar dibawah untuk mendaftar atau klik alamat di atas.

Setelah temen2 berada pada situs blogger.com, temen2 akan melihat gambar seperti gambar di atas. Silahkan lakukan langkah-langkah berikut ini :
  1. Klik tanda anak panah yang bertuliskan " CIPTAKAN BLOG ANDA
  2. Isilah Alamat Email dengan alamat email yang valid
  3. Isikan kembali alamat email tadi pada form Ketik ulang alamat email
  4. Tuliskan password yang diinginkan pada form Masukkan sebuah password
  5. Isikan kembali password tadi pada form Ketik ulang sandi (password
  6. Isi Nama Tampilan dengan nama yang ingin ditampilkan
  7. Tulis tulisan yang tertera pada form Verifikasi Kata. Beri tanda tik/cek pada kotak di pinggir tulisan Saya menerima Persyaratan dan Layanan.
  8. Klik gambar anak panah yang bertuliskan "LANJUTKAN"
  9. Tuliskan judul blog yang anda inginkan (nanti bisa di rubah lagi) pada form Judul Blog
  10. Tulis nama situs anda pada form Alamat Blog (URL)
  11. Tulislah tulisan verifikasi yang ditampilkan pada form Verifikasi kata, jika sudah selesai klik gambar panah yang bertuliskan "LANJUTKAN".
  12. Pilihlah gambar (template) yang diinginkan (nanti bisa di rubah lagi), kemudian klik gambar anak panah yang bertuliskan "LANJUTKAN"
  13. Setelah keluar tulisan "Blog Anda telah diciptakan". Klik gambar panah bertuliskan "MULAI POSTING". Silahkan dituliskan semaunya dan apapun bentuknya (tapi saya tidak bertanggung jawab ya, apabila blog temen2 di jailin temen2 blog yang lain...<"">...), jika sudah selesai klik tombol "MEMPUBLISKAN POSTING".



    II.  ISI (CONTENT) di BLOG
    Bagi para pemula, biasanya mereka bingung setelah daftar membuat blog apa yang harus di isi( diposting ) dalam sebuah blog. Isi ( content ) dari sebuah blog tentu saja terserah kepadasi pemilik blog itu sendiri, apakah mau di isi puisi, perjalan hidup, teknik, ataupun apa saja. Nah di sini saya menyarankan, isilah blog anda tersebut dengan minat ataupun hoby serta keahlian anda sendiri, karena tentu saja di luar sana banyak sekali orang yang tentunya sama minat dan hoby nya dengan anda, sehingga mereka akan tertarik untuk membaca tulisan-tulisan anda.
    (bersambung)
    Baca Selengkapnya.....

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar