4/05/2010

Apa Sih Blog Itu...?!

Sebelum kita memulai untuk membuat sebuah blog, ada baiknya kita mengenal apa yang di maksud dengan BLOG. Blog ini sebenarnya telah dibuat oleh pakar2 desainer pemograman untuk penyedia blog, tentunya agar bekerja secara otomatis dan mudah untuk dioperasikan. Sehingga untuk temen-temen kita yang masih bingung dengan bahasa pemrograman dalam membuat sebuah website, tidak jadi persoalan. Apabila temen2 sudah bisa membuat sebuah account email di internet, maka dalam membuat blog pun saya yakin temen2 pun bisa.

I.  PENGERTIAN BLOG

Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.


II. PENDIRI BLOG

Istilah Blog diperkenalkan oleh jorn barger pada tahun 1997, berasal dari kata Web dan Log . Web adalah website dan Log adalah catatan kronologis. Istilah Blog oleh Jorn Barger dipakai untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinu disertai dengan komentar-komentar oleh orang lain dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik. Oleh Wikipedia , pengertian Blog diperluas lagi menjadi sebuah website yang biasanya diurus oleh seseorang dengan isi tulisan menurut diri pribadi yang diperbaharui setiap saat, berisikan deskripsi kegiatan dan material lain seperti gambar serta video. Format tulisan biasanya diurutkan secara kronologis. Banyak blog digunakan untuk catatan informasi dengan topik bahasan tertentu disamping fungsi lain sebagai catatan pribadi seseorang. Sebuah blog biasanya berisi teks tulisan, gambar, video, dan link ke blog lain. Kemampuan untuk meninggalkan komentar dari pihak lain adalah kekuatan dari sebuah blog. Kebanyakan blog berisi tulisan pribadi pemiliknya, terkadang pula blog berisikan topik khusus seperti seni, sketsa, photography, video, musik, audio, yang menjadi bagian dari media sosial. Terminologi blog berkembang lagi melahirkan Micro Blogging , yaitu tipe lain dari blogging (kegiatan nge-blog) yang berisikan tulisan pendek.
Pengguna blog adalah individu/pribadi, komunitas, organisasi, bahkan perusahaan. Pengguna individu bisanya disebut blogger. Kehadiran blog adalah sebagai media informasi dua arah, sehingga sering dimanfaatkan oleh individu untuk menyebarkan ide pemikirannya.

Reverensi : diambil dari beberapa pakar BLOG dan situs Wikipedia
Baca Selengkapnya.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar